Langsung ke konten utama

Wisata Sejarah di Pare-Kediri



Kalau ditanya tentang Warisan Kebudayaan di Indonesia, tentu sehari-pun tak akan cukup untuk menyebutkan satu persatu. Indonesia yang KAYA akan Kebudayaan, Peradaban, Suku, dan kharakteristik-kharakteristik yang Unik, yang terekam dalam Sejarah dan Peninggalan-peninggalan Purbakala yang menjadi saksi Bisu tumbuhnya Peradaban di Indonesia.

Borobudur, salah satu peninggalan nenek moyang yang berdiri sama tinggi dengan Menara Pisa, Tembok China, Menara Eiffel, sebagai bangunan termasyur, bahkan menjadi Keajaiban Dunia. Popularitas Candi Borobudur-pun diimbangi, didukung, disupport dngan Candi-candi disekitarnya yang terawatt Apik. Dan dikawasan sinilah Wisata Jawa Tengah memBooming.:)


Tapi, tak hanya Jawa Tengah yang menjadi tempat, tercatatnya Sejarah Purbakala Indonesia. Kerajaan Tempo Doeloe dulu, seperti Kutai di Kalimantan, Sriwijaya, Mataram, Samudra Pasai hingga Mojopahit yang memiliki kawasan se-antero Indonesia, bahkan lebih. Dan Jawa Timur adalah pusatnya.


Salah satu kawasan yang memiliki situs Purbakala seperti Candi, Arca, dan yang lain sebagainya adalah tempat saya Lahir. Kediri. Meskipun situs-situs di daerah saya ini tak sebaik perawatan di kawasan Jawa Tengah. Namun, saya tak segan untuk membagi info mengenai tempat bersejarah di daerah saya. Tentu sepaham saya.


Kali ini, cukup dimulai dari sebuah kecamatan kecil, yang kini masyur dengan English village-nya. Ya, desa tempat saya dilahirkan. Kecamatan Pare. Pare, termasuk kita lama. Ini terbukti dari keberadaan dua candi tidak jauh dari pusat kota, yakni Candi Surowono dan Candi Tegowangi, serta keberadaan patung "Budo" yang berada tepat di pusat kota. Patung ini berada di taman kota Pare. Masih ada beberapa warga yang terkadang member bunga-bunga di Patung Budo ini. Dan ini termasuk dari warisan sejarah.


Candi Tegowangi, Candi ini jadi monumen peninggalan Kerajaan Majapahit di masa pemerintah Hayam Wuruk. Candi ini juga dibangun dengan menggunakan batu andesit serta pondasi bata merah yang menghadap ke arah barat. Reliefnya bercerita tentang Wayang Purwo dengan tokoh Sundamala atau kisah tentang ruwatan Durga. Sebenarnya saya sudah pernah memposting tentang Candi ini, jadi silahkan baca disini.
Dan untuk Candi Surowono, ia lebih kecil dari Candi Tegowangi. Bagian atasnya juga sudah menghilang. Candi Surowono ini merupakan sebuah candi Hindu dari jaman Kerajaan Majapahit, berukuran kecil namun dengan relief cantik. Candi Surowono, yang nama aslinya adalah Wishnubhawanapura yang menyimpan sejarah Raja Wengker. Dia merupakan salah satu raja bawahan selama pemerintahan Raja Hayam Wuruk dari kerajaan Majapahit. Candi yang dibangun dengan latar belakang agama Hindu ini, merupakan pendharmaan dan tempat bersuci Bhre Wengker atau dikenal dengan nama Raja Wengker itu tadi.


Tak hanya itu, di kawasan ini ada tempat bersejarah lain selain Candi. Ada Pemandian Surowono dan Terowongan Surowono. Konon pemandian ini merupakan Pemandian para putri dan selir raja saat itu. Sedangkan terowongan yang berada di sekitar Candi merupakan jalan pintas menuju Pemandian ini.


Ketiga Peninggalan Kerajaan Mojopahit ini, sebenarnya mampu menjadi potensi Wisata Sejarah di daerah Pare. Namun, mungkin memang belum semasyur Borobudur dan teman-temannya.


But, dengan adanya Lomba Blog Wisata Sejarah ini, paling tidak Candi Tegowangi, Patung Budo dan Candi Surowono menjadi lebih dikenal.^^


Harapan saya, ya semoga wisatawan domestic semakin berdatangan. Tak hanya dari teman-teman yang ikut Program di Kampung Inggris tentunya.

Komentar

  1. Apa yang mendasari dibangunnya komplek Kampung Inggris di Pare?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…