Langsung ke konten utama

Jagung Madura itu banyak manfaatnya..


Masih ingat dengan artikel saya dengan judul Jangan Salah dengan Madura??
Ya, pulau yang berada disebelah timur Laut Jawa ini ternyata menyimpan Harta Karun [baca : Anak Bangsa yang Hebat-hebat]. Dan tak kalah dari daerah-daerah lain. Pulau ini menyimpan Kekayaan Kuliner yang tak kalah dari daerah anda
:)


Eits, saat saya menyebut Kekayaan Kuliner Madura, mungkin yang terbayang dalam benak anda adalah Sate dan Soto. Ya kan?? Ayoo ngaku..hehe
But,
Jangan Salah dengan Madura. Madura tak hanya memiliki Sate dan Soto dalam bidang Kuliner. Tak juga hanya Bebek Sinjay yang Termasyur di seantero Negara ini. Ia juga memiliki makanan-makanan unik yang mungkin bakalan jarang ditemui di daerah lain. Misalnya saja Nasi Jagung.


Sewaktu aku di rumah, ibu sering sekali membuat Nasi Jagung. Ya, Makanan khas Madura yang memiliki rasa dan tekstur yang unik, menjadikannya masuk ke dalam daftar makanan favoritku. Dan karena kini, aku tinggal sendiri [di Kos], aku harus bisa membuat Nasi Jagung sendiri. :)

O ya, tak hanya rasa dan teksturnya yang unik. Kandungan gizi dari Jagung itu sangat banyak. Bahkan meski Jagung menjadi seumber Karbohidrat dan Protein nomor 2 setelah Beras. Tapi, jangan Salah khasiatnya jauh diluar dugaan. Dilihat dari kandungan gizi, jagung memiliki komposisi zat-zat makanan yang lebih komplit daripada beras.


Jagung merupakan sumber lemak nabati sehingga sering diolah untuk diambil minyaknya yang merupakan sumber asam lemak omega-6. Asam lemak omega-6 bermanfaat dalam proses pertumbuhan anak, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit jantung, serta stroke. Selain itu, jagung mengandung serat yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jagung juga kaya akan asam folat yang berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah. Homosistein merupakan suatu jenis asam amino yang bila kadarnya meningkat dalam darah dapat merusak pembuluh darah sehingga beresiko meningkatkan serangan jantung dan stroke. Asam folat juga berperan penting dalam perkembangan otak janin. Asam folat mencegah kerusakan otak bayi saat kelahiran. oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok tambahan selain nasi.


Jagung merupakan sumber thiamin (vitamin B1) yang sangat penting bagi kesehatan sel otak dan fungsi kognitif dan kaya akan asam pentotenat (vitamin B5) yang berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, protein dan lemak untuk diubah menjadi energi. Hal ini berarti konsumsi jagung sangat dianjurkan bagi penderita Obesitas bukan?:)


Jagung sangat direkomendasikan bagi para perokok karena mengandung betacryptoxanthin yang dapat menurunkan resiko kanker paru paru. ini adalah kabar baik bagi pecandu rokok. ketagihan terkadang menyulitkan niat mereka untuk berhenti, namun jangan sampai hal ini bisa berefek buruk bagi kesehatan terus menerus.


Wow..


Banyak kan manfaatnya.. Selain itu anda bisa melihatnya disini ..


Dan Menurut journal cancer epidemiology, biomarkers and prevention orang yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung betacryptoxanthin terbukti mengalami penurunan resiko kanker paru paru sebesar 27%, hasil yang sama juga menunjukkan bahwa perokok yang mengkonsumsi jagung mengalami penurunan kanker paru paru sebesar 37% dibandingkan dengan perokok yang kurang mengkonsumsi jagung.


Jadi alangkah baiknya kita menghindari penyebab penyakit ini dan mencoba asupan makanan bernutrisi tinggi yang khas Madura seperti Nasi Jagung ini.. :)


Dalam Rangka HUT ke-2 Nak-kanan Blogger Madura Plat-M

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…