Tak Hanya dikenang " Merdeka atau Mati "

By Ria Lyzara - November 13, 2009

Tak Hanya dikenang " Merdeka atau Mati "


Hari pahlawan diperingati untuk mengenang pertempuran di Surabaya tanggal 10 November 1945 lalu. Mengenang pahlawan yang berjuang demi kita bangsa Indonesia. Taukah kalian kepada siapa gelar pahlawan diberikan??
Untuk para pejuang yang berjuang dalam proses kemerdekaan NKRI. Pahlawan yang tertulis ataaaaupun tidak tertulis dalam sejarah. Pahlawan yang tak hanya TKR (Tentara Keamanan Rakyat), namun organisasi yang dibentuk masyarakat termasuk dari kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar. Perjuangan yang muncul sebagai tekad bersama demi membela Republik Tercinta Indonesia.

10 November pagi tahun lalu, tentar Inggris mulai melancurkan serangan besar-besaran. Dengan 30.000 serdadu, 50 pesawat terbang dan beberapa kapal perang. Mulai menghujani kota Surabaya tempo dulu dengan hjan Bom, tembak menembak dengan meriam. Banyak korban tewas dalam pertempuran ini. Namun, perlawanan pejuang-pejuang dulu terus berkobar di seluruh kota. Tokoh-tokoh masyarakat yang terdiri dari kalangan ulama-ulama besar mengerahkan santri-santrinya dan masyarakat umum dan juga pelopor muda Bung tomo dan lainnya juga kut melawan. Hingga peristiwa berdarah di Surabaya ini berakhir.

Pahlawan. Jasa mereka tak hanya perlu dikenang, tapi harus kita perjuangkan, kita teruskan, harus kita terapkan Semangat mereka dalam diri kita. Allahu Akbar!! Allahu Akbar!!Merdeka atau Mati!!!

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments