AL QURAN di Zaman MODERN

By Ria Lyzara - Juli 01, 2009

AL QURAN MODERN



Sebagai seorang muslim pastinya kita mempunyai paling tidak satu Al Quran di rumah, bahkan bisa lebih. Sudahkah kamu membukanya? membacanya?


Al Quran adalah kitab suci yang merupakan sumber utama dan pertama agama Islam, serta petunjuk kehidupan umat manusia yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai salah satu rahmat yang tak ada taranya bagi alam semesta. Maka sangat jelas bagi kita bahwa didalamnya terkumpul wahyu Ilahi, yang akan menjadi petunjuk, pedoman, dan pelajaran bagi siapa saja yang mengamalkannya.


Dalam salah satu surat yang ada didalamnya yaitu surat Al Qiyaamah (17-18) yang artinya Sesungguhnya mengumpulkan Al Quran ( di dalamdadamu ) dan menetapkan bacaannya ( pada lidahmu ) itu adalah tanggungan kami, ( karena itu ), jika kami telah membacanya, hendaklah kamu ikut membacanya.


Jelas dalam ayat tersebut, hendaklah kita membaca Al Quran. Baik mengetahui artinya maupun tidak, adalah ibadah, amal saleh yang dapat memberi rahmat dan manfaat bagi kita. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist nabi yang diriwayatkan Muslim, yaitu Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia datang memberi syafaat bagi pembacanya dihari kiamat.


Namun di zaman yang serba modern sekarang ini, Al Quran seperti telah dilupakan. Anak anak enggan mengaji, para remaja malu tadarus bersama di masjid, dan orang tua tak lagi susah melihat anaknya tidak bisa mengaji ( membaca Al Quran ). Mereka susah jika melihat anaknya tidak bisa mengerjakan soal soal di sekolah. Pada hal dalam sebuah hadist Rosullah memerintahkan Perbanyaklah membaca Al Quran di rumahmu, sesungguhnya di dalam rumah tak ada orang membaca Al Quran, akan sedikit sekali dijumpai kebaikan di rumahmu, dan akan banyak sekali kejahatan, serta penghuninya selalu merasa sempit dan susah.


Keutamaan membaca Al Quran pernah dijelaskan oleh Rosullah dalam sebuah hadist, yang maksudnya ialah ada dua golongan manusia yang sungguh sungguh orang dengki kepadanya, yaitu orang yang diberi oleh Allah kitab suci Al Quran in, dibacanya siang dan malam, dan orang yang dianugerahi Allah kekayaan harta, siang dan malam, kekayaan itu digunakan untuk segala sesuatu yang diridhai Allah SWT.


Dalam ajaran agama Islam, mendengarkan bacaan Al Quran pun merupakan ibadah dan amal yang akan mendapatkan rahmat dari Allah. Mendengar bacaan Al Quran dengan baik, dapat menenangkan jiwa yang gelisah dan melunakkan hati yang keras. Itulah yang dusebut rahmat Allah. Seperti dalam surat Al Araaf ayat 201, dijelaskan bahwa dengan mendengar dibacakannya Al Quran dengan baik dan memperhatikannya dengan tenang, kita akan mendapat rahmat.


Demikian besar mukjizat Al Quran sebagai wahyu ilahi, maka seharusnya Al Quran tak lagi menjadi pengisi almari kaca saja. ayat ayat sucinya tak lagi hanya menjadi hiasan dinding semata. Seharusnya kita tak bosan bosan untuk membacanya dan mendengarkannya. ( Ria Lyzara)


  • Share:

You Might Also Like

0 Comments