Langsung ke konten utama

Meningkatkan Kredibilitas Blogging dengan Domain Sendiri

Terhitung sudah tujuh tahun saya bergelut di dunia blog. Tiga tahun di awal memulai blogging, saya sangat bersemangat! Gelora jiwa gadis SMA tercurahkan dalam tiap-tiap kata yang tertulis dan nampak sekali bahwa saya sedikit alay. Apa saja saya ceritakan dalam blog saya.

Memasuki dunia mahasiswa yang sok sibuk dengan kelas dan organisasi, saya mulai mengesampingkan dunia blog. Hanya sesekali jika jalan-jalan dengan teman ke tempat baru atau saat ada event komunitas blogger, saya ceritakan dalam blog. Bahkan awal mula perkuliahan, kisah sedih asyik serunya perospekan, serunya kuliah pertama juga tidak belum saya tulis juga. Sampai akhirnya saya menyadari bahwa konsistensi menulis dan ngeblog itu penting untuk meningkatkan kapasitas diri sendiri.

Timbul pertanyaan kredibilitas diri!

[caption id="attachment_1727" align="aligncenter" width="616"]*image from freepik *image from freepik[/caption]

Saya masih tetap ngeblog meskipun tidak sekonsisten seperti saat di SMA. Meskipun sudah mengesampingkan hobi saya ini, paling tidak saya tetap nulis walau hanya beberapa kali dalam satu tahun. Tulisannya tentu tetap beragam, terkadang berupa curhatan, jalan-jalan, event blogger, artikel untuk memotivasi diri sendiri, dan lain sebagainya.

Sampai akhirnya saat saya lulus dan memulai jenjang karir saya di Industri Kreatif dan Teknologi. Mulailah saya sok asyik dengan pekerjaan. Seharusnya keseruan dan keasyikan dalam bekerja ini kudu saya share dalam blog. Namun sayangnya kembali lagi saya mulai excuse pada diri sendiri. Tulisan tentang kebahagiaan wisuda-pun belum sempat saya tuliskan dan baru saya tulis dan share akhir tahun lalu.

Dan muncullah ketidakpercayaan pada diri sendiri. Saya mulai menanyakan kredibilitas diri saya. Sampai akhirnya, pada tgl 2 September tahun lalu saya memutuskan untuk memiliki blog “berbayar” alias menggunakan domain dan hosting sendiri. Dan hari ini merupakan hari jadi domain rialyzara.com yang baru berusia 1 tahun.

Nah, dengan memiliki nama domain sendiri, saya merasa lebih percaya pada diri.

Mengenal Domain .com dan self-hosting dari Qwords

Capture

Tentang Top Level Domain dan self-hosting. Saya mengetahui dua hal ini tentunya karena dua hal ini memang sering dibahas di komunitas-komunitas blogger. Namun sayangnya, memilih provider yang tepat itu sangat susah. Saya sendiri mengalami kebingungan disaat memutuskan untuk memiliki domain sendiri.

Hampir seharian saya malang melintang menyusuri halaman website para provider. Tentu provider yang saya INGAT dan sering muncul di berbagai event atau di timeline sosmed. Sampai akhirnya saya menutup tab beberapa website dan memutuskan untuk membandingkan dua provider. Dan keputusan terakhir saya adalah memilih Qwords!

Kenapa Qwords? Pertama tentu karena saya sudah membandingkan produk dan layanan yang diberikan dengan provider-provider lainnya. Silahkan membandingkan dan meng-kepo-in websitenya Qwords sendiri ya.hehe

Kedua, karena beberapa blogger yang saya kenal juga menggunakan Qwords. Jadi, ini mah nambah berapa point untuk andil saya memilih provider ini. Ketiga adalah banyak diskon! Saya tak ingat tepatnya saya dapat promo apa, yang jelas domain dan hosting saya ini saya beli saat ada diskon. Hari ini-pun tepat satu tahun saya menggunakan layanan Qwords, jadi domain dan hosting ini sudah diperpanjang dan tentunya ada potongan diskon!hehe

Keempat adalah caranya settingannya yang sebetulnya mudah dan Qwords heroes yang sangat ramah! Seperti tentang perpanjangan domain dan hosting ini, saya tanya mulu ke billing customer, padahal sebetulnya instruksi yang ada di web atau email tiket sudah jelas.hehe

Selain itu saat pembelian domain dan hosting ini, saya riweh sendiri. Chit chat sama mbak mas service juga masih kurang aja. Walhasil, saya malah memanfaatkan merepotkan salah satu teman blogger yang bekerja di Qwords. Hehe. Saya ingat betul bahwa dari sore sampai maghrib saya merepotkan beliau melalui chat WA. *Anyway thank you mas Fre, ini tepat satu tahun saya pake Qwords!

So, hidup Qwords Heroes!

Cerita sukses ngedomain dengan nama sendiri

rialyzara.com

Menggunakan domain dengan nama sendiri Ria Lyzara bukan berarti kita mau sok-sok an atau pamer diri. Menggunakan nama sendiri akan memberikan trust pada orang yang membaca blog kita. Kalau memiliki usaha, dengan domain nama usaha sendiri pasti orang akan lebih percaya. Nah, dengan adanya kepercayaan inilah insyaAllah akan mendatangkan keberuntungan. Bukankah keberuntungan yang sering kita sebut sebagai “kesuksesan” itu saat bertemunya persiapan dan peluang.?

Nah, kesuksesan bagi tiap orang-pun bebeda-beda. Bagi saya kesuksesan adalah seberapa banyak pencapaian dan prestasi yang sudah saya raih, serta seberapa banyak saya dapat bermanfaat bagi orang lain. Kebermanfaatan diri kita kepada orang lain bisa bermacam-macam. Menulis kisah yang menginspirasi, menulis review, artikel atau menulis segala kebaikan lain dalam blog bisa jadi membawa manfaat bagi orang lain. Misalnya ada yang membaca review sebuah tempat di blog kita, dan terbantu mengunjungi tempat itu karena direction dan tranportasi yang kita ceritakan di blog sangat jelas. Atau ada yang membaca kisah kita terus menjadi terinspirasi.

Pembaca-pun pastinya tak langsung percaya, mereka akan mencari artikel rujukan dari domain yang memiliki kredibilitas. Dan bagi saya memiliki domain sendiri itu seperti membangun kepercayaan pada diri sendiri maupun orang lain. InsyaAllah orang akan menjadi lebih percaya dengan tulisan kita. Dan lagi jika ada kepercayaan menulis produk suatu brand tertentu bukankah itu rejeki juga.?

qwords.com blog competition

Thanks Qwords atas layanannya yang memuaskan dan ikut andil dalam pencapaian-pencapaian Ria. Happy Anniversary to Qwords and to my domain :)

Semoga kalian juga semakin sukses ngeblog dengan mencoba domain sendiri ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…