Langsung ke konten utama

Start Surabaya Kesempatan Emas buat Kamu untuk Berkarya

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Saya yakin sudah banyak dari kita yang mendengar istilah ini. Tinggal menghitung bulan, minggu dan bahkan bisa dihitung hari untuk menuju tahun 2015, MEA akan dilaksanakan oleh seluruh negara yang tergabung dalam ASEAN. Dan kita Indonesia harus siap menghadapi tantangan yang akan segera hadir ini.

Apa saja sich yang harus kita persiapkan dalam perwujudan MEA?
"Yang paling penting adalah kita terus meningkatkan daya saing kita. Karena ada empat pilar di situ. pertama, pasar tunggal. Kedua, daerah berdaya saing. Ketiga, equitable development. Keempat, integrasi ke ekonomi dunia. Nah, dari sini kita harus meningkatkan daya saing kita" - Hatta Rajasa

Nah, Katanya pak Hatta yang pada saat itu menjadi Menko Perekonomian, kita harus meningkatkan daya saing kita dengan empat pilar yang ada. Sebagai generasi muda yang notabenya memiliki potensi yang sangat besar untuk nantinya menjadi pionir ekonomi, kita harus bersiap dan ikutan terjun. Kemajuan teknologi yang membuat kita menjadi generasi "digital native" yang tentunya sanggup mengolah teknologi untuk menciptakan dampak yang bermanfaat bagi orang lain. Potensi tersebut tentunya harus didukung dan dikembangkan, dimulai dengan menumbuhkan ekosistem industri yang terdiri dari berbagai pihak yang saling berkolaborasi. Enam elemen penting dalam potensi ini diantaranya pemerintah, media, komunitas, industri, akademisi, serta teknologi.

Terus gimana caranya kita bisa jadi generasi muda yang siap dan ikutan terjun dalam MEA?

Caranya GAMPANG banget!

startsurabaya



Kibar, Suara Surabaya, Enciety, Spazio, bersama Pemerintah Kota Surabaya mengundang kamu untuk bergabung dengan Start Surabaya, sebuah program inkubasi startup teknologi yang bertujuan mendorong anak muda Surabaya untuk meluncurkan bisnis dengan menciptakan solusi berbasis teknologi yang memiliki dampak, bertujuan untuk bermanfaat, dan memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Selama tiga bulan, 45 orang (15 tim) yang terseleksi untuk menjalani aktivitas berupa kombinasi workshop, seminar, konsultasi serta pelatihan yang dibantu mentor dan fasilitator berpengalaman dari industri. Para peserta akan menjalani serangkaian proyek yang akan membantu mereka menciptakan startup mulai dari ide hingga eksekusi. Mereka juga akan dibekali dengan berbagai pendidikan soft skill yang bisa membantu mengembangkan kemampuan diri dan kepribadian mereka sebagai calon pebisnis kreatif berbasis teknologi.

Para peserta akan ditempatkan di sebuah coworking space atau kantor bersama dengan fasilitas lengkap, di mana mereka akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan pebisnis kreatif dan teknologi di Surabaya dan sekitarnya seperti Beon, Soledad & The Sister Co., Ayorek!, Plat-M, Inijie, Layaria, Kreavi, dan Fotografer.net.

Buat kalian yang


  1. Warga Surabaya (memiliki KTP Surabaya)

  2. Berusia 18-25 tahun

  3. Memiliki kemauan keras untuk menciptakan perubahan dan menjadi bermanfaat

  4. Memiliki ide startup

  5. Memiliki sebuah tim yang setidaknya terdiri dari tiga orang dari latar belakang yang berbeda (diutamakan berasal dari latar belakang teknik/programming, desain, dan bisnis/komunikasi)

  6. Bersedia mengikuti program mentoring selama tiga (3) bulan



Langsung daftar sekarang secara online di www.startsurabaya.com.

Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 30 November 2014. Seleksi peserta akan dilaksanakan di awal Desember, dan pengumuman peserta akan dilakukan di akhir Desember.

Nich Banner Informationnya :)
startsurabaya_general

Gampang banget kan caranya? Nah, program ini diharapkan dapat menciptakan generasi anak muda di Surabaya yang bukan hanya sekadar memiliki bisnis, tetapi juga mampu memanfaatkan teknologi untuk menciptakan solusi atas permasalahan yang dihadapi orang banyak. Tujuan, visi, serta misi untuk menjadi bermanfaat merupakan hal yang membedakan pebisnis biasa dengan yang berkualitas.

Beruntunglah kalian warga Surabaya :)
Sebagai generasi muda dengan penuh potensi tentu kita kesempatan ini :D

Salam Asean Economic Community (^^)

ria lyzara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…