Langsung ke konten utama

Wanita Modern, ya Srikandi Merah Putih

srikandi modernMenjadi seorang perempuan di tengah jaman global merupakan sebuah anugrah dan juga tantangan. Anugrah, karena perempuan masa kini lebih beruntung daripada perempuan jaman penjajahan dulu yang tidak bisa bebas mengeksplore kemampuan, baik kemampuan verbal maupun nonverbal. Perempuan hanya duduk manis di rumah, bisa sekolah jika dari golongan tertentu. Itu jaman dulu. Sekarang? Kami perempuan disuguhkan dengan berbagai kesempatan untuk melakukan banyak hal bagi orang-orang sekitar maupun lingkungan. Sebuah tantangan bagi kami, tentu untuk bermanfaat bagi sekitar.


Masih ingat dengan cerita Srikandi di jaman pewayangan? Salah satu putri Raja dari sebuah kerajaan. Dia sangat pandai dan gemar dan mahir dalam menggunakan panah. Srikandi, wanita cantik yang menjadi taladan bagi prajurit wanita dalam kisah pewayangan. Srikandi menjadi contoh bahwa wanita bisa melakukan banyak hal yang berguna, bahkan dalam penanggungjawaban keselamatan dan keamanan suatu kerajaan.


Pertanyaannya, siapakah yang sudah bisa menjawab tantangan sebagai perempuan/wanita jaman modern ini? Perempuan/ Wanita manakah yang sudah berbuat banyak hal untuk orang-orang sekitar dan lingkungannya? Siapakah yang sudah menjadi sosok Srikandi saat ini?


Srikandi Cerminan Masa Kini


Saya rasa setiap perempuan ingin diakui keberadaannya di tengah-tengah modernitas. Bekerja di gedung-gedung tinggi, menggunakan baju kantor yang rapid an cantik. Namun sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh Butet Manurung. Aktivis pendidikan yang semenjak tahun 2009 mulai membulatkan tekatnya untuk ke Sumatera. Tepatnya di wilayah suku Anak Dalam Taman Nasional Bukit 12.


butet


Butet adalah lulusan dua kesarjanaan dari dua kampus ternama. Namun, niat mulia dan tekatnya untuk membantu anak-anak rimba ini lebih ia utamanakan ketimbang bekerja di kantor-kantor besar di ibukota. Setelah mengamati dan melakukan pendekatan dengan suku Anak Dalam, ia mulai memperkenalkan berbagai materi pelajaran dan mendirikan sekolah rimba atau Sokola Rimba. Sokola ini tak seperti sekolah-sekolah biasanya, sekolah ini hanya menggunakan gubuk kecil tak berdinding, dan berpindah-pindah tempat.


Butet memiliki metode pengajaran tersendiri untuk mengajar, termasuk mengajar pengenalan huruf pada anak-anak dengan metode khusus, yaitu dengan alat-alat yang ada dikehidupan sehari-hari. Dan dengan metode ini, ia telah dianugerahi The Man and Biosphere Award dari LIPI-UNESCO. Dan kini keadaan suku Anak Dalam-pun lebih membaik, pemberantasan buta huruf mulai tumbuh dengan baik. Ini berkat kegigihan seorang Wanita untuk mengabdi, peduli dengan orang-orang rimba dan konstribusi pada negeri. Sang Srikandi Merah Putih di bidang pendidikan.


Srikandi Merah Putih , Dedikasinya adalah Motivasi


srikandi cerminan


srikandi merah putih


Butet berdedikasi untuk memberantas buta huruf di pedalaman Jambi. Lain halnya dengan Ade Pujiati yang mendirikan sekolah gratis bagi anak dari keluarga tidak mampu dengan kantongnya sendiri. Mereka adalah Srikandi Merah Putih dalam dunia pendidikan. Masih banyak lagi perempuan-perempuan Indonesia yang memiliki dedikasi tinggi demi kemajuan orang-orang di sekitar mereka, bangsa Indonesia.


Ada lagi perempuan yang dedikasinya saya jadikan motivasi. Saya tau tentang dia dari sebuah talkshow di TV swasta. Dengan keterbatasan fisiknya yang terkadang digunakan sebagai alasan sebagian orang untuk tidak berusaha lebih keras, Ia justru membuat keterbatasan fisiknya tertutupi dengan berbagai prestasi yang ia torehkan. Menjadi wanita yang sangat produktif dengan berbagai prestasi, memberikan kesempatan berkarya bagi kamu difabel dengan mendirikan Thisabel Enterprise. Pernah menjadi finalis Abang None Jakarta Barat, The Most Fearless Female Cosmopolitan dan Miss Congueniality Natur-e. Banyak prestasi dan dedikasi yang keren dari dia. Sebuah buku pernah ia tulis, Perempuan Tuna Rungu Menembus Batas, adalah cerminan darinya. AngkieYudistia.


Masih banyak sekali perempuan/ wanita Indonesia yang bisa disebut dengan Srikandi Merah Putih yang memiliki dedikasi besar untuk bansa dan tentu bisa memotivasi perempuan-perempuan Indonesia.


Dan Srikandi Merah Putih patut untuk diberi penghargaan. Indosat, dengan Indosat Srikandi Merah Putih, memberikan pernghargaan pada para wanita yang menginspirasi dalam rangka memperingati Hari Perempuan Indonesia. Anda-pun, bisa berkonstribusi dalam menentukan 1 Srikandi Negeriku yang ada disekitar anda. Ini merupakan bentuk Apresiasi yang sangat tinggi pada wanita.


Angkie, Ade Pujiati, dan Butet, adalah 3 dari 21 Srikandi dari 7 kategori yang dipilih oleh Indosat. Dan masih ada 1 Srikandi yang akan dipilih yang tentunya dari anda yang menominasikannya. Anda bisa melihat profil 21 Srikandi di www.indosat.com/srikandimerahputih.




Siapa Srikandi Inspirasi kamu?


srikandi merah putih


Sebagai perempuan, kita pasti memiliki sosok yang paling menginspirasi dalam hidup. Ibu menjadi nomor satu. Namun, pasti ada lagi sosok perempuan yang menjadi inspirasi anda dalam memaknai hidup. Untuk itu, kita sebagai perempuan , sepatutnya ikut berbagi inspirasi. Sharing tentang sosok Srikandi yang menginspirasi kita adalah salah satunya. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan ikut berkonstribusi mengirimkan profil wanita yang menginspirasi dan cocok untuk dijadikan salah satu Srikandi di www.indosat.com/srikandimerahputih.


Disini kita bisa ikut dalam dua aktivitas.





  • Srikandi Cerminanku : kita harus memilih salah satu Srikandi Merah Putih dan memberikan deskripsi mengenai alasan Srikandi tersebut menjadi Srikandi Cerminanku

  • Srikandi Negerikuku : kita harus mengirimkan nama Srikandi Negeriku yang dianggap sesuai disertakan dengan alasannya.


Tak hanya untuk perempuan, semua orang bisa berkonstribusi disini. Indosat Srikandi merah putih ini akan berlangsung hingga 8 Maret 2014 sampai 14 April 2014. Selain kita bisa saling share tentang Srikandi Merah Putih yang menginspirasi kita, kita juga berkesempatan mendapatkan hadiah berupa :




  • Srikandi Cerminanku , 5 orang yang terpilih akan mendapatkan masing-masing produk kecantikan senilai @Rp 500.000,-

  • 3 submiters beruntung Srikandi Negeriku , akan mendapatkan masing-masing produk kecantikan senilai @Rp 500.000,-





Dan 1 orang yang terpilih menjadi Srikandi Merah Putih yang anda nominasikan akan diberikan penghargaan dan biaya pelatihan bersamaan dengan 21 Srikandi Merah Putih yang sudah terpilih dan dipilih langsung oleh Indosat. Yuk kita berkonstribusi untuk negeri dengan saling menginspirasi. :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…