Langsung ke konten utama

Yuk Ngabuburit

Menunggu datangnya puasa tergadang membuat saya bingung harus ngapain. Setelah pagi hari membantu ibuk dan lanjut ikutan English Course di Kampung Inggris sampai siang hari. Siang hari saya buat istirahat dan ibadah [ngaji biar bisa khatam penuh pas Ramadhan :)]. Nah, pas sore hari kadang udah lemes. Mau ngapain coba, bantu ibuk di dapur cuman setengah jam kelar. Itu pun dilakukan pas waktu mau buka puasa. Terus? Apa sich yang saya lakukan di sore hari Ramadhan yang biasanya orang bilang ngabuburit? Ngabuburit ? Penting gak sich?



[caption id="" align="aligncenter" width="309" caption="ngabuburit sambil kopdar di masjid, it's oke?"]ngabuburit sambil kopdar di masjid, its oke?[/caption]

Apa sich Ngabuburit itu?

Ngabuburit adalah istilah yang sering kita dengar saat Ramadhan tiba. Istilah ini berasal dari bahasa Sunda yang kurang lebih artinya sore, menunggu senja/petang/malam. Namun kini telah menjadi sebuah istilah yang lumrah digunakan di Indonesia, gak hanya di Sunda.


Ngabuburit menjadi sebuah tradisi yang sudah lazim di Indonesia. Banyak yang menggunakan waktu ngabuburitnya untuk memperbanyak ibadah, tilawah, atau bersenang-senang?? Ya, itu semua tergantung kita memanfaatkan waktu ngabuburit itu untuk apa. Kalau dilihat dari potret remaja yang notabennya suka seneng-seneng dan terkadang terkesan hura-hura, ngabuburitnya ya semacam acara jalan-jalan ke mall, muter-muter kota, karaokean, atau bahkan malah ngrumpi. Sebenarnya semua itu memang boleh-boleh saja sich, namun yang menjadi masalah sometimes ngabuburit remaja ala sekarang ini kadang malah menjerumus ke hal negative. Terus penting nggak sich kalau kita ngabuburitnya di tempat karaoke?atau jalan-jalan?atau ngrumpi?Terus ngabuburit itu penting nggak? Atau kita bermalas-malasan atau bahkan tidur aja sambil nunggu buka?


Penting nggak sich ngabuburit itu??


Masih ingat hadist tentang lima perkara nggak? Saya petikkan dech sambil dibaca bernada kayak Aa gym juga malah keren :)


Dari ibnu Abas r.a. berkata rasulullah saw, bersabda: memanfaatkan lima keadaan sebelum datangnya lima; masa hidup sebelum datang matimu, masa sehatmu sebelum sakitmu, masa luangmu sebelum masa sibukmu, masa muda sebelum masa tuamu dan masa kayamu sebelum masa fakirmu


Manfaatkan masa luangmu sebelum masa sibukmu. Actually, Ngabuburit adalah waktu luang bagi saya dan saya rasa juga bagi anda. Nah, Kita kudu pinter-pinter manfaatin waktu ngabuburit ini.



mengaji

Ngabuburit PENTING! Ya, tentu penting banget kalau kita mengisinya dengan hal-hal positif. Semacam tilawah, berdzikir, baca Al-Quran, memperbanyak sholat sunnah dan lain sebagainya. Namun apakah ngabuburit yang penting dan berkah itu saja? Jawabannya tidak. Ibadah mah nggak melulu itu. Baca buku kalau diniatin ibadah juga dihitung ibadah [ tentu buku yang bermanfaat bukan buku yang berbau mudharat], bantu ibuk masak, bersih-bersih rumah juga ngabuburit yang berkah kalau kita ikhlas. #NgaBLOGburit-pun juga bisa bernilai ibadah jika yang kita tuliskan bermanfaat bagi orang yang membacanya bukan?


Jadi, saya rasa ngabuburit itu penting selama kita memanfaatkannya dengan baik. Allah berfirman dalam Surat Al Ashr ayat pertama yang artinya :




Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.



Saya mah kagak mau rugi :D makanya saya ikutan #ngaBLOGburit . Selain waktu ngabuburit saya bisa tersalurkan positive dengan menulis, kegiatan saya ini pun bisa dinilai ibadah. Mengerjakan amal sholeh dan saling menasehati. Semakin bermanfaat lagi kalau ada selipan ayat dalam setiap tulisan #ngaBLOGburit .

Dan bukankah Nabi Muhammad bersabda yang artinya :


Sampaikanlah dariku (yakni dari Rasulullah SAW) walau hanya satu ayat [HR Al-Bukhari]



Selamat ngabuburit :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…