Langsung ke konten utama

Pertamax jadi Pemateri Workshop Blog Kampus

Jadi seorang pemateri?

rialyzara


Tentu ini sebuah hal yang mungkin sederhana, namun tidak bagi saya. Saya belum pernah jadi seorang pemateri. Kalo bantu-bantu pemateri pernah, jadi mc sebuah acara pernah, jadi moderator acara gede juga pernah. Nah kalo jadi pemateri saya belum pernah.


Kaget juga saat dapat undangan dari salah satu UKMF ternama di Fakultas Pertanian di kampus saya. Saya rasa ini kesempatan emas bagi saya untuk mengukur kemampuan public speaking sekaligus kemampuan saya dalam ngeblog [meskipun cuman blogger biasa..hehe].


Dan hari ini-pun tiba. Saya menyiapkan presentasi saya dengan apik agar menarik. Saya-pun jauh-jauh hari minta marchendise ke blogdetik lewat om Karel. Tentu agar mereka(peserta) semakin tertarik untuk ngeblog. Namun, karena sedikit troble saat saya ngirim alamat kos, jadi barang yang dikirim blogdetik kepada saya gak nyampek-nyampek.


Sampai sekitar hampir jam 11 siang [padahal acaranya jam 11],goodybag dari blogdetik belum nyampek ditangan saya. Dan saat saya mau berangkat ke tkp, ada bapak-bapak yang telfon saya dan yey (^^)/ beliau sedang mencari kos saya buat nganter paketan dari blogdetik dan sampek dech :))


Singkatnya saya dijemput sama panitia acara dan langsung ke tkp. Acara sudah dimulai, saat saya sampai saya langsung prepare buat present. Dan jrenggg.. this is the show time...


be trainer


Saya menyampaikan apa yang saya dapat dari berbagai pengalaman saya ngeblog selama sudah lebih dari 4 tahun kali ya, soalnya dulu mulai ngeblog kelas 1 SMA. Nah, setelah saya share pengalaman saya, saya pandu mereka untuk membuat blog secara langsung. Tentu memakai blogdetik. Saya minta mereka langsung praktek buat blog sekaligus posting tentang acara hari itu. Nah goodybagnya saya buat untuk mereka yang postingannya menurut saya pas untuk mendapatkan goodybag. Dan kepilihlah mereka yang dapet :) *satu goodybag saya pilih dari twitter :D


the winner


Mereka antusias banget, semua peserta ngirim url postingan saya via twitter, nah yang gak punya twitter via facebook. Dan otomatis di sesi akhir saya kebingungan ngprove teman-teman di facebook dan buka link mereka, baca satu-satu dan langsung milih yang menang. Dan itu cuman 5 menit. Hash, kejam sekali..hehe, tapi kejam juga saat mereka cuman saya kasih waktu kurang lebih 15menit buat posting blog. Hehe, maklum saya mah manut panitia, dikasih waktu sebenarnya cuman 90menit, nah tadi saya malah kebanyakan makek waktunya, sampek hampir 2 jam..hehe



But, over all. Ini pengalaman yang sangat keren. Pertama kalinya saya jadi pemateri dan disupport banget.. hoho, makasih ya blogdetik :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…