Langsung ke konten utama

Aku punya Om baru, Tante Baru, Kakak Baru berkat Komunitas


Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Wikipedia



lomba suroboyoKalau baca kalimat dari wikipedia itu, jadi ingat pelajaran biologi dulu. Pelajaran yang kurang aku suka. Meski kurang suka ternyata banyak sekali manfaat mempelajarinya :)


Blog dan Komunitas adalah sesuatu yang menarik aku untuk terus menggelutinya saat ini. Bagaimana tidak? Blog yang sudah aku kenal sejak aku kelas 1 SMA (2009) telah berdampak positif terhadap diri aku, baik kepribadian dan cara berfikir. Aku semakin mudah untuk berbagi dalam hal apapun, baik yang bernilai riil maupun tidak. Aku semakin terbuka dalam menyikapi sebuah problem, semakin berfikir kedepan setelah Blogwalking, dan terus menulis yang kini menjadi hobi mutlak. Nah, sayangnya, saat SMA dulu aku tidak mengenal yang namanya Komunitas seutuhnya. Komunitas Blogger di sekolah juga belum begitu dilirik dan kami-pun masih sibuk ini itu di masa abu-abu.


Akupun mencoba join di Komunitas Dblogger, Komunitas Blogger Detik yang sama sekali aku belum pernah tahu orang-orangnya saat itu. Aku tentu merasa sangat kecil saat itu, masih SMA, tidak mengerti apa-apa tentang Komunitas dan hanya gabung dan melihat lalulalang diskusi mereka di facebook. Hanya gabung, mengamati dan memahami mereka.


Akhirnya, aku mulai berusaha berkomunikasi dengan mereka. Dulu sich kalo tidak salah nama grup di Facebook Komunitas Dblogger. Hanya sekedar membagi Link postingan terbaruku.hehe, sungguh aku dulu geje banget ya. Terus kalo ada yang comment di blogku, gak bakalan aku bales. Males. Astaghfirullah. Itu jaman Jahilliyah dulu, sekarang, berkat Komunitas aku mulai mengerti gunanya forum, blogwalking dan saling ngomment.


Nah suatu ketika (kayak dongeng aja :P), salah satu anggota Komunitas Dblogger mengadakan Kompetisi bertema Fight Never Ending Story [ colek Teh Anny :D ] pas banget. Saat itu aku baru saja menerima pengumuman Kelulusan. Alhamdulillah degan nilai yang cukup memuaskan. Ditambah lagi, beberapa kabar dari Perguruan tinggi yang menyenangkan hati. Dan saatnya berjuang mencari Perguruan tinggi yang memberi Beasiswa penuh. Akhirnya kau eirtakan seluruh perjuanganku dari kecil sampek Lulus SMA itu. Alhamdulillah masuk 10 postingan terbaik :) . Dan dari sinilah, aku mulai berani untuk ikut berdiskusi, sharing dengan Forum Dblogger di FB.



blogdetik-di-bn

Dan saat yang aku tunggu-tunggu. Bertemu dengan mereka. Ya, saat itu ada event besar di Sidoarjo. Blogger Nusantara. Info ini-pun saya dapat dari mbak di Forum Dblogger [ colek Mbak Dilla :P ]. Dan ternyata Blogger Madura ikut andil dalam event besar ini. Saat itulah akhirnya aku bisa bertemu dengan orang-orang Kebat yang dulu hanya bisa aku kagumi tulisan-tulisannya di Blog.hehe



Pertemuan antara aku dan Komunitas Dblogger ini sangat unik. Haha, pengen ketawa jadinya. Saat sampai di Sidoarjo, aku ya hanya duduk bersama anggota Komunitas Blogger Madura, meski saat itu aku belum join dengan mereka. Ini KopDar pertamaku.
Nah, aku buka Facebook lewat posel kakakku yang sengaja aku culik biar bisa OL 24jam di event Gede ini :) . Mulai mengupdate informasi keberadaan Dblogger lainnya di Hall Suncity saat itu. Saling berkomentar di Forum itu, haha. Lucunya, kita saling ngasih tau, pake baju apa, warna apa, dna sebagainya. Tanpa disengaja, kebanyakan dari kami pakai T-shirt Blogdetik. Suer, aku kagak berani nemuin mereka saat itu. Sampai acara berakhir, aku gak berani bertemu mereka. Dan akhirnya aku berfikir berulang-ulang, rugi banget kalo gak bisa ngobrol dengan mereka, dan aku beranikan diri untuk menyapa mereka. Dan ketemulah aku dengan Dblogger-Dblogger Kebat itu. Ada Mang Jazi, Om Karel, Om Gajah Pesing [nama aslinya sapa sich ?:D], om Marwan, om Anjari [yang ternyata Om Anjari ini yang ngebukuin slah satu ceritaku tetang Sosok Inspiratif dalam hidupku saat itu:) ], Om Fano, om Yos, mbak dilla, mbak Embun, mas Asmari, mas Amar, mas Asmadie, tante Jullie, mas Iqbal, sapa lagi ya? Banyak banget pokoknya. Dari kopdar ini, aku semakin akrab dengan mereka. Seakan-akan menemukan keluarga baru.hoho

Berkat Komunitas ini aku menemukan Om baru tuch banyak banget, tante baru dan mbak mas baru. dan saya suka itu, bukankah menyambung silaturahmi dan menambah saudara itu dianjurkan?:)



Jadi pengen bertemu dengan mereka lagi, semoga saja ada kesempatan lagi :)

Cerita Aku dan Komunitas ini diikutsertakan dalam lomba AKU DAN KOMUNITAS yang diselenggarakan oleh DBloggerSuroboyo.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…