Langsung ke konten utama

Gerakan Informatika Cinta Batik

Alhamdulillah..
Akhirnya bisa posting juga. Setelah 1 bulan ini sibuk dengan hari-hari pertama kuliah. Seneng, susah, rindu, gembira, bangga, semua jadi satu. Kerinduanku untuk blogging akhirnya tersampaikan juga:)


Aku cinta Indonesia. Kalimat yang tak luput dari Warga Negara Indonesia. Namun, realisasinya??
Sebagaian dari kita pasti merealisasikannya, karena cinta tak terlihat, maka butuh pembuktian agar ia terlihat. Kalau boleh dibilang cinta ibarat IMAN dalam agama ISLAM. Ada dalam hati, diikrar dalam lisan, dan diikuti dengan realisasi dalam perbuatan. Dan apa bukti bahwa kamu cinta Indonesia??

Banyak cara untuk kita bisa membuktikan bahwa kita memang BBC [Benar-Benar Cinta] Indonesia. Mulai dari TERJUN LANGSUNG ikut serta dalam pengembangan budaya. Atau hanya sebagai penikmat, pecinta budaya + produk Asli Indonesia, atau dengan ditambah mengikuti Kompetisi Blogdetik yang bertema Mencintai Tanah Air Indonesia melalui Blog dan Jejaring Sosial.

Sangat banyak Budaya + Produk-produk yang Khas dan ASLI Indonesia. Ehm, misalnya dari yang simple-simple aja, Makanan Tradisional. Berapa banyak sich anak jaman sekarang yang suka Gethuk, Klepon, Pure, Cenil, Iwel-iwel, Nagasari, Blendung, Apem, Lemper, Samplok, Wajik dan masih banyak lagi [ itu jajanan lho, namanya mungkin aneh dan asing ditelinga anda..namun itu jajanan kesukaanku lho..:P]. Kebanyakan pasti lebih suka makan Burger, Pizza, dan berbagai makanan asing. Padahal saat aku kecil aku selalu minta makanan-makanan itu saat Ibu mau ke pasar. Bahkan sampai aku SMA, Ibu sering membuatkannya untukku untuk bekal. Bahkan saat menulis postingan ini, aku sedang pengen banget makan yang namanya Gethuk. Aih..Sudah sudah, aku jadi kangen masakan Ibu:(...


Ganti topik, toh budaya + produk asli dan KHAS Indonesia BUANYAK BANGET bukan cuman Makanan Tradisional. Masih ada berbagai Kesenian Khas dimasing-masing daerah di Indonesia. Mulai dari Sabang sampai di Papua memiliki keanekaragaman Seni. Karena sekarang aku sedang ada di Madura, akan saya bahas sedikit tentang kebudayaan Madura. Garam, Clurit, Sakera dan Karapan Sapi, ya, itu yang paling terkenal. Tapi, tahukan kamu, bahwa sekarang BATIK MADURA sedang memBOOMING dimana-mana. Tak kalah dengan Batik Pekalongan, Solo, dan daerah-daerah penghasil Batik Jawa Tengah. Batik Madura juga memiliki ke-UNIK-an tersendiri, keindahan corak dan motifnya, pemilihan warna-warna yang tegas dan berani menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.


Batik sekarang tak hanya dipakai oleh para Pejabat atau Pegawai Negeri. Batik yang saya kira dulunya hanya dipakai acara-acara formal, kinipun bisa digunakan oleh siapa saja dan dimana saja, tanpa mengurangi rasa kebudayaan yang tercermin dari motif dan coraknya. Aku dan adikku-pun suka memakai batik..:)


Ngomong-ngomong soal Batik, sebagai pem-BUKTI-an bahwa aku, emm.. lebih tepatnya kami, Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, khususnya Mahasiswa Teknik Informatika memakai Batik disetiap hari Selasa dan Kamis. Bahkan tak hanya itu, sebagai solidnya hubungan kami yang Cinta akan Budaya+Produk Indonesia, dibentuklah Gerakan Informatika Cinta Batik. Tak hanya dikampus tapi juga di Jejaring Sosial, Facebook, telah dibuat acara Gerakan Informatika Cinta Batik.

Kalaupun beberapa saat yang lalu "negara tetangga" meng-klaim beberapa kebudayaan kita, akankah ia berani meng-klaim Kebudayaan Khas Madura??(^^)v

Yuk mari Melestarikan Kebudayaan Asli Indonesia dengan mengImani-nya:)

Komentar

  1. Hello, its nice piece of writing regarding media print, we all be
    familiar with media is a fantastic source of information.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Mengikuti Seleksi Ujian Masuk UI S2 - SIMAK UI

"Gak kerasa ya kita udah mau UTS nih!" ucap seorang kawan setelah kelas usai. Bagi saya yang baru sudah 3 bulan hidup di ibu kota, Jakarta dan menempuh perkuliahan di program studi Magister Teknologi Informasi, cukup terasa.  Ya, memang benar terasa begitu cepat, tiba-tiba saja sudah UTS saja. Namun bukan itu point yang saya highlight.  Namun prosesnya..

Kuliah magister / pascasarjana / master degree / S2 memang mungkin bagi sebagian orang terasa mudah. Bagi saya, bisa lanjut kuliah ini saja sudah pernuh perjuangan, kuliahnya tentu juga dengan berjuang, tidak semua materi perkuliahan sudah saya dapatkan di jenjang sarjana. Banyak hal baru yang mesti saya pelajari. Peran teman, sahabat dan semua koneksi diperlukan. Tentu saja doa ibuk dan dukungan kakak adek di rumah sangat-sangat berpengaruh. Semoga Allah senantiasa memudahkan ya. ^^

Back to master degree process..

Saat saya memutuskan untuk lanjut kuliah, saya mulai memikirkan universitas mana yang saya tuju. Tentu dengan rese…

Program Top Contributor atau Kontributor Utama Forum Google Penelusuran Indonesia

Banyak yang mengira bahwa saya kerja di Google. Baik mengkira-kiranya saja tanpa bertanya dan cerita ke orang lain dan ada pula yang langsung bertanya (ah lebih tepatnya langsung ngasih statement) ke saya secara langsung.

“Ria, km masak gak bisa nraktir kita, kan km kerja di Google!”

Pernyataan ini agak parah sih. Kalau misal ditraktir es teh di warung masing mending ya, ini es teh atau segelas kopi di coffee shop ala-ala yang saya masuk aja gak berani.hehe. Namun, kenyataannya adalah saya tidak belum kerja di Google. *Susah atuh mau masuk perusahaan multinasional yang super cool inih!

Biar semua gak pada penasaran, kok bisa sih saya “dekat” sama Google? Ikutan berbagai acaranya, kenal dengan para Googler , bahkan dapat invitation ke Kantor Google, saya bakalan cerita :D

Kembali

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kembali memiliki 3 makna yang semuanya merupakan kata kerja. (1) Balik ke tempat atau keadaan semula, (2) lagi, dan (3) sekali lagi, berulang lagi.

Saya kembali. Yes I am here guys! Setelah sekian lama selalu menutupi rasa malas dengan berbagai alasan untuk tidak kembali menulis disini.
Barangkali ini hal yang klise. But honestly, sulit sekali memulai menulis kembali. Padahal, banyak sekali rasa yang ingin saya ungkap, cerita yang ingin saya tuangkan, kisah yang ingin saya tuliskan, makna dalam hidup yang ingin saya ukir disini sebagai tempat muhasabah diri. Dan barangkali bisa setidaknya sebagai bahan bacaan diwaktu senggang, atau pembelajaran, atau bahkan bisa menginspirasi kamu yang berada di depan monitor atau layar handphone saat ini.
It almost 1,5 years, i am inactive to post in instagram (sometimes I post instagram story, yaa, for keep my moment) dan ternyata hal tersebut memberikan efek gelembung ke sekitarnya. Saya jadi jarang sekali menulis te…