Takjil = Double Award dari Allah

By Ria Lyzara - Agustus 09, 2011

Bulan yang paling mulia disisi Allah. Inilah bulan ketika kita, kaum muslimin diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan Nya.

Setiap amalan akan dilipat gandakan, setiap kegiatan yang positif bahkan dinilai sebagai ibadah.

Begitu pula memberi makan (takjil) orang yang berpuasa. Kok memberi seseorang berbuka, tidur saja dinilai sebagai ibadah pula:)

Memberi makan orang yang berpuasa, yang biasa disebut Takjil, adalah salah satu amalan utama pada bulan Ramadhan. Bahkan, sebuah hadist Riwayat Ahmad RA. menyebutkan,
Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala sedikitpun". Subhanallah, jika kita yang sedang berpuasa memberi makanan untuk orang yang puasa juga, bukankah berarti kita mendapatkan Double Award dari Allah?:)

Bahkan lebih dari double award, hadist selanjutnya di riwayatkan oleh Salman RA, "Siapa yang memberi makan orang puasa di dalam Ramadhan, maka diampuni dosanya, dibebaskan dari neraka, dan baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi sedikitpun pahalanya."
Bertambah lagi kan Award bagi yang melakoninya. Ditambah lagi, jika orang yang kita beri makan untuk berbuka mendo'akan kita, hem bertambah pula Award-award lain dari do'a orang tersebut. Apalagi jika membaginya dijalan raya, puluhan orang kita beri. Puluhan do'a kita terima. Ratusan award pula Allah akan berikan. Rasul SAW bersabda, "Ada 3 orang yang do'anya tidak ditolak. Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka dan Do'a orang yang terdzolimi". Ketika berbuka, waktu terkabulnya do'a-do'a. Karena, ketika itu orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

Subhanallah, maka sungguh rizki yang kita keluarkan akan semakin barokah. Saya-pun mencontoh kata-kata seseorang yang semangat dalam kebaikan. "Seandainya saya memiliki kelebihan rizki, disamping berpuasa, saya-pun akan memberi makan berbuka pada orang lain. Saya tidak ingin melewatkan kesempatan tersebut. Sungguh pahala melimpah seperti ini tidak akan saya sia-siakan."

Semoga bermanfaat..:)

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments