Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2011

NgaBLOGburit oh 500ribu

Ngablogburit. Ajang menulis di bulan Ramadhan ini, sebentar lagi berakhir. Setelah sebulan program ini berlangsung lancar. Tapi tidak lancar untuk ku.T.T

Program ini sangat berkesan bagiku. Setiap hari aku berusaha mengikuti program ini. Tidak hanya karena hadiahnya yang menarik, tapi ajang ini sangat memacu diriku untuk selalu berusaha mengikutinya. Memacu diriku untuk semangat menulis di sela2 kegiatan yang menumpuk (pra ospek+persiapan ospek) dengan waktu yang terbatas. Meskipun tidak bisa setiap hari mengikutinya, tapi aku cukup senang, walau bahkan belum menang.

Tema-tema yang setiap hari berganti, membuatku semakin semangat dan merasa di tantang. Meskipun tulisanku masih acak-acakan, tapi aku berusaha agar bahasaku mudah dimengerti.

Dan satu lagi yang paling menarik dari ajang ni, hadiahnya 500ribu!! Bukan nominal yang kecil menurutku, bahkan jika aku mendapatkannya,sudah aku perhitungkan untuk apa saja. Mulai dari membelikan baju ibuku, mentraktir saudara2ku buat memenuhi nadzark…

Hidupkan Lailatul Qadar

artikel ini sudah pernah saya posting pada saat malam lailatul qadar tahun lalu. Saya kira perlu saya posting ulang selain untuk mengikuti ngaBLOGburit juga untuk saling mengingatkan Upaya untuk menggapai Lailatul Qadar.
Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar. Tahukah kamu, lailatul qadr itu? Lailatul qadr lebih baik dari seribu bulan. Malaikat-malaikat serta malaikat jibril turun dengan seizin Tuhan mereka untuk mengatur segala. Keselamatan malam itu hingga terbit fajar (QS. Al-Qadr:1-5)
Ayat-ayat di atas menggambarkan tentang keistimewaan lailatul qadr. Allah memberikan kita nikmat-Nya dengan adanya lailatul Qadr. Lailah berarti malam, sedangkan qadar adalah mulia. Lailatul qadar merupakan malam dengan segudang kemuliaan dan berkah yang dalam Al Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Dan juga diperingati sebagai malam diturunkannya Al Quran., yang tidak akan dapat kita dijumpai selain pada bulan Ramadhan.
Sebagai seorang muslim …

Ini BuBer ku, gimana BuBer mu??

BuBer. Istilah ini juga sering digunakan saat Ramadhan,selain yang namanya takjil. BuBer atau Buka puasa Bersama, adalah moment yang paling ditunggu2 bagi para remaja,seperti aku. Tapi, tak hanya para remaja yang menggunakan moment ini untuk berkumpul bersama teman2, para orang tua, pejabat, ibu2 arisan, dan masih banyak lagi orang2 yang berada dalam organisasi-pun juga menggunakan moment Buka Bersama untuk berkumpul bersama.

Dan akupun juga menunggu moment ini. Berkumpul dengan teman2 SD, MTs, dan SMA. Buka bersama adalah moment yang banyak sukanya daripada dukanya. Meskipun biasanya terselip rasa duka saat buber diadakan.

Misalnya saat Buber MTs tahun kemarin, kami alumni MTs N Model Pare, tepatx kelas B. Berkumpul bersama, menggelar acara buka bersama disalah satu rumah teman kami. Namanya Arif, rumahnya cukup jauh dari pusat kota. Kami berkumpul dan berangkat bareng, buka bareng, bercanda2, sharing, sampai tarawih bareng[biasanya kalau buber, jarang banget tarawih bareng, langsung p…

Inilah Serunya Mudik-ku Saat Itu

Mudik. Istilah ini sudah lama tidak kami (keluargaku) gunakan semenjak ayah meninggal. Dulu, saat aku TK, aku pernah mudik ke Madura, pulau dimana ayah ku dilahirkan. Masa kecil yang menyenangkan menurutku. Aku bisa merasakan begitu dekatnya hubungan antar keluarga saat itu. Meskipun tradisi mudik sudah tidak kami gunakan, hubungan antar keluarga tetep baik lho:D.

Masih ingat dalam benakku. Kampung halaman ayahku. Kalau tidak salah namanya nama desanya Buje'en,daerah Sampang..Aku lupa. Peace (^^)v. Sangat pedesaan. Saat itu mobil carteran kami, melewati semacam rawa, lumpur-lumpur, dan sampai kami harus turun dan mendorong mobil, karena ban slip. Tapi, itulah yang membuat kenangan itu tak terlupakan. Seru banget. Aku yang masih kecil ikut-ikutan aja turun dari mobil.hehe

Sampai-lah kami di rumah saudara ayahku. Cukup terlihat sebuah kampung halaman yang asri. Halaman yang luas, dikelilingi rumah-rumah bambu (orang jawa menyebutnya gedhek). Dan diujung sebelah kiri sana, ada ibu-ibu …

Takjil = Double Award dari Allah

Bulan yang paling mulia disisi Allah. Inilah bulan ketika kita, kaum muslimin diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan Nya.

Setiap amalan akan dilipat gandakan, setiap kegiatan yang positif bahkan dinilai sebagai ibadah.

Begitu pula memberi makan (takjil) orang yang berpuasa. Kok memberi seseorang berbuka, tidur saja dinilai sebagai ibadah pula:)

Memberi makan orang yang berpuasa, yang biasa disebut Takjil, adalah salah satu amalan utama pada bulan Ramadhan. Bahkan, sebuah hadist Riwayat Ahmad RA. menyebutkan,
Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Barangsiapa yang memberi buka orang yang puasa akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala sedikitpun". Subhanallah, jika kita yang sedang berpuasa memberi makanan untuk orang yang puasa juga, bukankah berarti kita mendapatkan Double Award dari Allah?:)

Bahkan lebih dari double award, hadist selanjutnya di riwayatkan oleh Salman RA, "Siapa yang memberi makan orang puasa di dalam Ramadhan, …

Ibuku Muslimah Beauty-ku

Muslimah Beauty..

Yang muncul dalam benak saya adalah sebuah kontes kecantikan seperti halnya Puteri Indonesia. Namun dalam konteks Islam. Saya muslimah, saya berjilbab sejak saya SMP, saya juga mampu membaca Al Qur\'an, meski kurang menguasai bahasa Asing, setidaknya saya memenuhi 2 syarat sebelumnya. Tapi, entah kenapa saya merasa kurang layak mengikuti ajang seperti ini. Kenapa?? Seperti halnya Puteri Indonesia yang mengusung syarat 3B, Brain, Beautiful, and Behaviour. yach.. itulah permasalahannya..

Ngabuburit Asyik di Kampung Inggris

Kampung Inggris. Ya, sebuah daerah di desaku tercinta, Pare. Kampung ini terkenal dengan sebutan kampung Inggris karena banyak sekali khursusan bahasa inggris yang berdiri disini. Tak cuman berdiri, tapi mencetak masyarakat Indonesia yang fasih berbahasa Inggris.

Akupun tertarik ikut khursus disini. Dari dulu, pengen banget ikut khursus disini. Akupun mulai mengumpulkan rupiah demi rupiah uang sakuku. Hingga baru terkumpul sekarang. Akupun ikut program 2 minggu periode 25, maksudnya dimulai pada tanggal 25. Dan aku mulai ikut khursus di kampung Inggris ini. Tepatnya di Logico. Masuk 2x sehari, dari jam 10-12, dan jam 4-jam 5. Seru juga. Semua mahasiswa dari berbagai daerah berkumpul disini untuk memperoleh ilmu sekaligus mengisi liburan. Ehm, dan ini ajang bagi kami mahasiswa (eits, masih maba aku:P) untuk ngabuburit disini. Tidak terasa sama sekali kalau lagi puasa :) ..
Dengan penuh semangat aku ayuh sepedaku jam 4 kurang 15 dan belajar disini. Asyik banget. Pulang jam 5, dan sampai d…

Gara-gara Puasa Aku Rajin Bersih-bersih

Ramadhan kali ini terasa berbeda. Aku telah lulus SMA. "Akan terasa laparnya nich.." pikirku menjelang ramadhan. Biasanya, kalau puasa2 begini pas di Sekolah, tidak terasa laparnya. Karena sibuk belajar, membaca, dan ngobrol dengan teman2..[Jadi kangen teman2 nich>.<]

Tetapi, ternyata dugaanku salah. Gara-gara Puasa aku jadi semakin rajin bersih2 rumah. Tidak tau kenapa. Mungkin karena kurang kerjaan:D [eits..gk juga kok..banyak kerjaan euw]

Begini ceritaku..
Setelah makan sahur dan sholat malam, aku mulai nyuci piring. Terus setelah Subuh, aku terkadang tertidur sebentar..peace(^^)v
lha, setelah bangun tidur.ehm,sekitar jam 6 pagi, aku memulai hari2 berpuasaku. Dari menyapu, ngepel rumah, bersih2 kamar, nyuci baju aku lakoni. Semangat banget aku. Sampai jam 9. Setelah itu aku mandi, dan siap2 mengayuh sepedaku ke kampung inggris[aku ambil les disini..]. Sampai jam 12, lesku selesai. Aku ayuh kembali sepedaku dengan semangat 45 ditemani panas matahari yang terik.
Setelah i…

Hobiku ngeBLOG di Blogdetik

Alhamdulillah..

Akhirnya bisa ikutan ngaBlogburit..Banyak banget halangannya, hari pertama puasa kagak ada pulsa jadi gak bisa posting, hari kedua perjalanan pulang dari madura. Dan hari ini aku ikuuutann..moga ja bermanfaat..:)

emm.. Kalau ditanya tentang hobi yang bermanfaat untuk mengisi ramadhan, tentu setiap orang hobinya berbeda-beda, meski terkadang ada yang sama. Mulai dari baca, mancing,masak,buat cerpen, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah nge BLOG.

Untuk hobi ngeBLOG ini, saya yakin banyak yang memanfaatkannya untuk mengisi hari-hari indah di Ramadhan kali ini. Termasuk saya.:)

Nge BLOG..Banyak sekali manfaat dari hobi saya yang satu ini. Mulai dari mengasah bakat menulis [ bakat ?, emm lebih tepatnya keinginan aja..hehe], menambah teman dari blogwalking, saat2 Ramadhan kayak gini enggak terasa banget lapernya,hehe
dan tulisan saya jika dibaca orang lain dan bermanfaat baginya tentu akan berpahala bagi saya kan? [Saatnya panen pahala Ramadhan] :)

Selain itu ada manfaat la…