Ingatanku dan Pramuka

By Ria Lyzara - Juni 25, 2011

Pramuka. Praja Muda Karana..
Sebuah organisasi yang membuatku bangga, bahagia, sedih, dan menyesal. Mengapa?

Aku BANGGA Pramuka. Saat itu, aku duduk di kelas 3 SD. Kakak perempuanku yang 2 tingkat lebih tua dariku, mengikuti organisasi [saat itu lebih tepatnya kegiatan] ini. Aku-pun ikutan saja. Satu, dua pertemuan kulewati. Aku BAHAGIA mengikuti kegiatan ini. Morse, semaphore, bernyanyi", kemah, Api Unggun, LBB, Jelajah, ka2k pembina yang baik", dsb. Kini semua itu kurindukan. Sampai suatu saat aku diutus menjadi pemimpin [ mereka menyebutku PRATAMA ]. Dan aku-pun dilantik. Aku menikmati masa-masa kepemimpinanku, meskipun saat itu seingatku aku baru kelas 4 SD. Dari sini aku mengenal berbagai makna kehidupan. Tanggung jawab, Kerjasama, Gotong Royong, dan masih banyak lagi. Aku mulai mendapat banyak teman dari berbagai sekolah. Kak Imam, Kak Sandy, Kak Arif, Kak sapa lagi ya?Sebagian aku lupa namanya, tapi aku insyaAllah masih ingat wajahnya. Ka2k" pembina yang dengan sabar membimbingku. Aku tergolong bandel + cengeng :p. Kegiatan ini berlangsung sampai aku menginjak kelas 6 SD. Rasanya baru kemarin aku merasakan kebahagiaan itu.

Aku lulus SD dengan nilai cukup memuaskan. Dan aku diterima di Madrasah Tsanawiyah Negeri disini. Kegiatan ini tak mungkin aku akhiri. Aku meneruskan kegiatan pramuka yang sangat aku gemari ini. Tetap menyenangkan dan bermanfaat bagiku. Sampai suatu saat diakhir semester II di kelas 7, lebih tepatnya hampir kenaikan kelas, aku harus melepas segala atribut di seragamku. Sebenarnya sebuah masalah sepele yang membuatku bertindak tanpa berfikir panjang, dan hengkang dari organisasi ini. Dan kini rasa SEDIH , MENYESAL selalu menghampiri. Masalahnya cuman satu saat itu. Anggota pramuka pi [perempuan] yang tersisa hanya aku. Dan akhirnya aku pun meninggalkan kegiatan ini. Dan kalian tau?Setelah aku keluar, ada salah satu siswi masuk organisasi ini. [kenapa gk dari awal aja neng?]. Sampai naik k kelas 8. Pembinaku mencariku. Memintaku untuk meneruskan kegiatan ini. Andai saja teman" sekelasku dulu mendukungku. Aku lepaskan saja permintaan pembinaku. Tak tahu, tak ingat..Apa sebenarnya yang aku fikirkan saat itu. Rasa SEDIH lagi, saat kak Aziz. Ka2k kelasku di MTs yang sangat aku kagumi meskipun BUKAN cinta [belum ngerti gitu"an :D] menjalin hubungan dengan siswi tadi. Astaghfirullah, mimpi apa aku ini. Sampai suatu saat, mungkin kelas 9 atau saat aku di SMA kelas 10, aku mendengar kabar kalau kak Aziz menjalin hubungan dengan siswi tadi, karena nadzarnya. Astaghfirullah..

Dan aku putuskan, SMA aku tidak mengikuti kegiatan yang sangat sangat aku gemari ini.
Namun tetap saja, rasa rindu menyanyikan yel-yel, rasa kangen berkemah, menghafalkan dasadharma, semuanya tetap menghantui ku di SMA..Bahkan saat aku sudah Lulus SMA sekarang ini.
Hanya satu pesanku pada kalian[pembaca] jangan melakukan kesalahan yang sama. Hanya karena masalah sepele, kurang Percaya pada diri sendiri, meninggalkan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi diri kita dan orang lain. Jangan! Jangan sampai penyesalan itu ada..
Dan sebagai obat penyesalan itu, aku membujuk keponakan2 ku yang masih sekolah untuk mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat ini..:)

Hidup Pramuka!!
Salam Pramuka!:)

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments